Kamis, 13 Desember 2007

INFO SERIUS: Ledakan LPG

Mungkin diantara rekan2 masih ingat kejadian ledakan di toko gas di Kota Wisata - Gunung Putri pertengahan tahun lalu?

Kalo ngga inget, kami akan sarikan kejadiannya.

Jadi toko tersebut menjual gas LPG di perumahan-perumahan, namun si pelaku usahanya melakukan praktek curang, yaitu dengan cara mengurangi isi dari LPG tersebut (istilahnya 'menyuntik'), sehingga dari sekitar 8 - 10 tabung LPG dihasilkan 1 tabung LPG tambahan hasil suntikan tersebut.

Rata-rata, tabung LPG yang sudah disuntik berkurang 1 - 1.5 kg / tabung dari isi bersih 12 kg (berat kotor tabung LPG sekitar 15.3 kg), sehingga konsumen banyak dirugikan. Karena melakukan kegiatan suntik-menyuntik LPG tersebut, maka sekitar tanggal 23 Agustus 2007, ruko tersebut meledak, menghanguskan ruko tersebut dan ruko2 disekitarnya, serta membuat 1 orang meninggal serta 1 orang luka. Kasus tersebut sekarang sedang di sidangkan di Pengadilan Negeri Cibinong.

Menurut informasi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bogor, sedang melaksanakan kegiatan pengawasan di seluruh wilayah Kabupaten Bogor, terutama para penjual gas, sehingga diharapkan tidak ada lagi pelaku usaha yang melakukan praktek2 curang seperti tadi. Kegiatan pengawasan tersebut rencananya akan dilaksanakan sampai dengan tahun 2008.

Untuk rekan2 PN3 yang mempunyai info yang berkaitan dengan usaha LPG atau pelaku usaha yang diduga melakukan kecurangan, bisa menghubungi Tim Perlindungan Konsumen Kabupaten Bogor di 021-875 5947 atau bisa melalui admin purinirwana3.blogspot.com untuk kami lanjutkan kepada pihak terkait.

Juga, mungkin rekan2
PN3 bisa membantu untuk saling mengingatkan rekan2 pelaku usaha yang menjual LPG untuk berhati2 dan tidak melakukan kegiatan curang tersebut.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Ya makanya jangan suka main suntikan..dari dulu juga banyak yang nyuntik...9 bulan meledak deh..he..he..he..

Anonim mengatakan...

Pak..lapor..ada yang di curigai akan meledak juga..tolong di inspeksi pak ( lokasi PN3 DA48 )